Wednesday, March 1, 2017

Manfaat Buah Mengkudu Yang Ampuh Atasi Masalah Diabetes


Ladies, tahukah anda bahwa buah Mengkudu termasuk buah yang banyak mengandung proxeronine di dalamnya. Proxeronine adalah bahan baku alkaloid yang terdapat di dalam tubuh serta berfungsi untuk membuka pori-pori sel sehingga nutrisi bisa lebih mudah masuk ke dalam sel.

Tak hanya nutrisi, melebarnya pori-pori sel tersebut juga semakin memudahkan sekresi atau proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah mengkudu.

Zat nutrisi
Tubuh manusia memerlukan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi hariannya seperti protein, vitamin, mineral dan lainnya.

Tarpenoid dan Scolopetin
Tarpenoid dan Scolopetin tergolong sebagai senyawa yang sangat bermanfaat dalam proses organic, zat pemulihan sel-sel tubuh, mencegah peradangan .

Zat anti bacterial
Buah mengkudu memiliki kandungan sifat anti bakteri, zat ini mampu membunuh bakteri-bakteri pada tubuh yang bisa menyebabkan infeksi seperti aeruginosa, pseudomonas, protens, morgana, staphylococcus aureus, Escherichia cola dan bacillus subtilis.

Zat asetil
Zat asetil ini merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berfungsi sebagai pembunuh kuman.

Zat anti kanker
Buah mengkudu juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi, zat inilah yang bisa menghancurkan sel-sel pemicu kanker serta berbagai sel-sel abnormal lainnya.
Seperti yang dilansir oleh obatdiabetesmelitus.net, kemampuan alamiah yang terkandung dalam buah mengkudu ini berkhasiat dalam hal mengatasi diabetes.

Berikut ini cara mengolah mengkudu menjadi obat diabetes.

Langkah pertama, Anda bisa memakan langsung bila Anda tahan dengan rasa pahit dari buah mengkudu itu.

Mengkudu yang sudah dicuci bersih, ekstrak akan mengkudu diperas dan dibuat jus/minuman yang bisa ditambahkan dengan madu atau bahan lainnya untuk menghilangkan baunya yang menyengat.

Untuk bahan obat pada umumnya masing-masing mengkudu direbus dengan air dengan takaran 3 gelas sampai mendidih, lalu otomatis jumlah air akan berkurang 1 gelas, kemudian Anda bisa meminum air tersebut.

Jika Anda sudah tidak tahan dengan rasa pahit dari buah mengkudu, anda bisa memakai inovasi lainnya yaitu dengan cara mengiris tipis-tipis dengan diameter sekitar ¼ cm tebalnya.
Jika sudah teriris semua, kemudian jemur irisan mengkudu tersebut kira-kira 2 sampai 3 hari di bawah sinar matahari. Pada saat dijemur, mengkudu sudah harus ditutupi dengan kain berwarna hitam karena kain warna hitam ini bisa menyerap panasnya matahari, namun mencegah penyerapan sinar ultra-violet sehingga zat aktif yang terdapat pada ultravioletnya tidak ikut masuk ke dalam mengkudu.
Setelah mengkudu dikeringkan hingga mencapai kadar airnya tinggal 10%, selanjutnya mengkudu dimasukkan ke dalam plastik dan disimpan di tempat yang kering jika belum masuk ke dalam tahap pengolahan.

Anda bisa membuat mengkudu menjadi jus dan dicampur dengan gula yang rendah kalori serta ditambah sedikit madu untuk menghilangkan baunya yang menusuk. Takaran jus mengkudu untuk penderita diabetes yaitu sebanyak 15ml/50 kg berat badan, serta diberikan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sekitar setengah jam sebelum makan nasi atau 2 jam setelah makan nasi, agar penyerapan atau proses absorbsi bahan aktif dalam ekstrak buah mengkudu bisa berjalan dengan efektif.

Demikian informasi mengenai manfaat buah mengkudu yang ampuh atasi masalah diabetes, semoga bermanfaat, ya.