Friday, October 4, 2019

Cegah Penipuan Hadiah Fiktif, Ini 4 Aplikasi untuk Melacak Nomor HP Tak Dikenal



Cegah Penipuan Hadiah Fiktif, Ini 4 Aplikasi untuk Melacak Nomor HP Tak Dikenal



Pernahkah kamu menerima panggilan telepon dari nomor yang tidak kamu kenal? Di zaman sekarang, kasus penipuan yang diawali panggilan dari nomor telepon tidak dikenal sudah sangat banyak. Selain mengganggu dan meresahkan, tidak jarang penerima telepon tidak dikenal kerap menjadi korban penipuan.
Sekarang, kamu bisa mengetahui siapa pemilik nomor telepon tersebut dengan memakai aplikasi khusus untuk melacak nomor handphone. Dengan bantuan teknologi ini, kamu bisa mencegah spam dan nomor yang tidak dikenal. Jadi, kamu bisa cepat bertindak untuk mengantisipasi nomor – nomor yang tidak dikenal. Berikut adalah beberapa aplikasi untuk melacak nomor HP yang bisa kamu gunakan.

1. Caller ID & Block


Fitur pelacakan nomor HP yang pertama adalah Caller ID & Block. Dilihat dari laman unduhan aplikasi ini, sudah banyak pengguna yang membuktikan efektivitasnya dan meninggalkan komentar positif.
Caller ID & Block mempunyai database nomor telepon yang cukup lengkap dan tidak kalah bersaing dengan aplikasi sejenis yang sudah ternama. Setidaknya, ada sekitar miliaran data nomor telepon yang terdiri dari pengguna – pengguna di seluruh dunia. Maka dari itu, Caller ID & Block bisa diandalkan untuk mendeteksi siapa penelepon “hantu” yang suka jahil dalam waktu singkat.

2. Hiya


Mengubah brand dan image yang lebih kompetitif di industri aplikasi pelacakan nomor HP, Hiya berusaha merebut hati para pecinta teknologi di seluruh dunia. Semula nama brand yang diusung adalah Whitepages Caller ID, namun karena dianggap kurang “menjual” layanannya, brandnya berganti menjadi Hiya.
Hiya hadir dengan versi terbaru yang lebih mudah dipahami dan diingat. Aplikasinya juga user friendly menggabungkan berbagai fitur pemblokiran panggilan telepon maupun SMS spammer.
Tak cukup itu, Hiya memberikan fitur ekstra berupa informasi ketika pengguna mendapatkan panggilan telepon dari nomor yang disembunyikan atau private number. Selain itu, Hiya juga mengirimkan notifikasi berupa SMS apabila pengguna terserang virus, spam, malware, spyware atau adware.

3. Whoscall


Aplikasi pelacak nomor HP besuran Taiwan ini dapat digunakan untuk memblokir panggilan yang tidak dikenal. Sehingga pengguna tidak perlu lagi terganggu dengan penelepon anonim yang kerap melakukan aksi penipuan. Pengguna juga mendapatkan dua opsi untuk menerima panggilan atau mengabaikan panggilan yang tidak diinginkan.
Whoscall dilengkapi beberapa fitur menarik, di antaranya fitur pengaturan nomor, pemblokiran nomor berdasarkan keyword serta dilengkapi database secara offline.
Para pengguna dapat mendownload Whoscall secara gratis di sistem Android hingga 10 opsi bahasa.
Whoscall dapat diandalkan untuk melakukan pencarian berbasis internet dan komunitas pengguna yang bisa mengidentifikasi nomor panggilan.
Bahkan, karena keunggulannya, Whoscall didapuk termasuk sebagai Aplikasi Terbaik Google Play 2013 yang terdapat di delapan negara berbeda.
Pada sekitar 2013, sampai – sampai perusahaan Naver mengambil alih Whoscall ke dalam salah satu jaringan bisnis aplikasinya. Kini, Whoscall dan aplikasi chat LINE berada di bawah satu bendera Naver.

4. Mr Number


Sama seperti aplikasi pelacakan nomor sejenis, Mr Number diklaim memiliki kemampuan untuk mendeteksi serta memblokir nomor telepon orang yang tidak dikenal.
Biasanya, nomor yang disembunyikan atau private number ini sering digunaka untuk penipuan uang, pulsa atau iming-iming hadiah fiktif.
Uniknya, Mr Number juga memiliki fitur yang bisa memblokir panggilan telepon dari nomor – nomor yang tidak diinginkan berdasarkan kode area negara tertentu atau dianggap spam.
Mr Number menggunkana database nomor yang diambil dari basis komunitas dan internet. Jadi, meskipun nomor penelepon ini tidak dikenal, pengguna masih tetap bisa melihat informasi identitas si penelepon “gelap” tersebut.
Yuk, waspadai aksi kriminalitas menggunakan panggilan telepon tidak dikenal dengan beberapa aplikasi pelacakan nomor yang bermanfaat di atas.