Monday, October 7, 2019

Review Realme X




Di tengah ketatnya persaingan industri gadget tanah air, Realme X hadir menawarkan alternatif smartphone canggih dengan harga ekonomis. Tidak heran, hanya dalam beberapa tahun saja, handset besutan Negeri Tirai Bambu ini sudah merebut animo masyarakat Indonesia secara luas. Kembali meluncurkan smartphone generasi kesepuluh, Realme X digadang-gadang tampil lebih istimewa dari saudaranya yang terdahulu.
Dilengkapi layar Super AMOLED serta sensor sidik jari di bagian bawah layar, memberikan performa sensitivitas dan keamanan yang mumpuni. Di samping itu, ada kamera pop-up yang bisa diandalkan untuk jepretan gambar berkualitas dan swafoto. Seperti apa review Realme X? Yuk, simak terus ulasannya.

1. Desain


Dari sisi desain, Realme X mengusung warna doff tanpa sentuhan gradasi mengkilap seperti kebanyakan smartphone kekinian. Namun, begitu terkena cahaya, body belakang akan muncul warna semburat kebiruan yang mempesona. Di keempat sisinya, ada material metal sehingga penampilannya terkesan begitu mewah.
Layar tampak full tanpa bezel yang terlalu lebar serta dan tidak ada notch sama sekali. Sedangkan, di bagian atas, sudah disematkan earpiece yang fungsional untuk menerima panggilan telepon.
Ketika digenggam, Realme X juga tidak terlalu penuh di tangan. Maklum saja, dimensinya berukuran 161,3mm x 76,1mm x 8,6mm - 9,4mm. Jadi, tidak terlalu tinggi maupun terlalu lebar, cukup nyaman dipegang atau digenggam.
Sementara itu, di sisi kanan Realme X terdapat tombol power, serta slot dual SIM. Untuk tombol volume bisa dijumpai di sisi kiri body.
Tak hanya itu, masih ada USB-C di sisi bawah posisinya, tepat di antara headphone jack 3,5 mm dan speaker.

2. Antarmuka


Dari segi antarmuka, di sisi atas tengah, tanpa terduga pengguna bisa menemukan kamera depan Realme X. Sengaja kamera depan ini disembunyikan karena desain layar Realme X yang sangat lebar. Ketika diaktifkan, kamera akan muncul dengan sistem pop-up, dan akan segera “bersembunyi” lagi setelah dinon-aktifkan.
Sementara itu, di sisi belakang body Realme X, pengguna yang hobi berfoto-foto ria, masih dimanjakan dengan dual kamera belakang yang didukung teknologi flash LED. Flash LED memungkinkan pencahayaan yang terang dan jernih, meski gambar diambil di ruang yang minim penerangan. Dual camera belakang + flash LED ada di bagian tengah dengan susunan vertikal.
Berlanjut lagi ke antarmuka dalam atau dapur pacu, Realme X berjalan di atas platform sistem operasi Android 9.0 Pie dan disematkan ColorOS 6.0.
Diketahui, ColorOS 6.0 merupakan salah satu platform yang sederhana dan mudah dipahami beragam segmentasi. Untuk menggunakan navigasi menu, bisa memakai gestur serta Riding Mode yang dapat mematikan sistem notifikasi untuk kemanan saat mengendarai motor.

3. Performa


Tak cukup itu, di bagian kanan atas layar, terdapat panel khusus pemintas yang bisa membantu pengguna untuk membuka beragam aplikasi dan tools dalam waktu singkat.
Berbagai jenis aplikasi dan tools ini bisa disusun berdasarkan kebutuhan pengguna dengan lebih rapi memakai app drawer sebagai tools bawaan Realme X.
Platform ColorOS 6.0 turut didampingi Smart Assistant seperti kebanyakan smartphone kekinian. Pengguna cukup menggeser layar ke kanan di menu utama untuk membuka Smart Assistant.
Fitur ini merupakan antarmuka cerdas untuk melayani pengguna yang membutuhkan berbagai informasi dan layanan harian dalam satu layar. Misalnya, resep masakan, kontak, cuaca hari ini, kalender, penghitung langkah, dan masih banyak lagi.
Selain Smart Assistant, Realme X juga memiliki beberapa aplikasi bawaan Google dasar. Seperti Google Drive, Google Duo, Gmail, Youtube, dan sebagainya. Pengguna yang tidak menginginkan aplikasi bawaan masih bisa meng-uninstall tanpa banyak kendala.


Review Oppo Reno 10x Zoom