Wednesday, October 9, 2019

Review Zenfone 6





Antusias masyarakat terhadap handset dengan layar yang lebar masih sangat tinggi. Inilah sebabnya, kini semakin banyak produsen yang mengembangkan ponsel pintar dengan layar full yang memanjakan mata. Tidak terkecuali, Asus yang segera merilis Zenfone 6.
Dihadirkan dengan layar penuh dan kamera baru yang istimewa, akankah Zenfone 6 berhasil merebut perhatian pasar yang persaingannya cukup sengit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah beberapa fitur – fitur menarik yang ditawarkan Zenfone 6 yang wajib disimak.

Desain


Dari sejak awal dirilis, Zenfone gemar memproduksi ponsel pintar yang cukup atraktif. Akan tetapi, pada generasi Zenfone 6 kali ini, terdapat revolusi yang signifikan, terutama di sisi belakang. Pengguna tidak akan menjumpai zen circle sebagai logo identik perangkat milik Zenfone.
Perubahan lain tampak bentuk dari sensor fingerprint yang tampil lebih elegan dibanding pendahulunya Zenfone 5Z.
Dari segi desain, Zenfone 6 memang terlihat premium. Hal ini tampak dari rangka handset yang berbalut metal dengan cangkang kaca di sisi belakang.
Dengan tepi border yang melengkung, memberikan efek ergonomis yang nyaman dan mantap digenggam.
Sedangkan di sisi kanan body, terdapat tombol power, volume serta tombol Smart Key.
Tombol Smart Key, dapat mengaktifkan Asisten Google yang membantu pengguna mendapatkan informasi apa pun lebih cepat. Seperti cuaca hari ini, resep makanan, kontak, dan sebagainya. Tak hanya tu, Smart Key juga bisa mengatur posisi kamera sesuai kebutuhan. Di sisi bawah, juga dilengkapi USB tipe C, port jack audio 3,5 mm serta speaker.

Layar


Layar Zenfone 6 dibekali dengan panel AMOLED yang memiliki sensitivitas tinggi. Menariknya, layar Zenfone 6 tidak memiliki notch atau poni serta bezel cukup tipis, sehingga layar semakin tampak lebih lapang.
Dengan layar yang luas, pengguna yang hobi bermain games, menonton video atau film di Youtube akan sangat puas dengan performa layar Zenfone 6 yang disempurnakan teknologi HDR 10.
Lebih lanjut lagi, ukuran layar seluas 6,4 inchi mengusung panel IPS LCD dengan resolusi Full HD+. Rasio antara screen dan body menembus 92%. Istimewanya lagi, layar Zenfone 6 sudah dilindungi kaca Gorilla Glass untuk kemampuan anti gores dan lecet.

Kamera


Tak mau kalah dari pabrikan handset yang lain, Asus membekali Zenfone 6 dengan dual camera di sisi belakang.
Kamera utama beresolusi 48 MP berteknologi aperture f/1.79 yang didukung Sony IMX 586. Sedangkan, kamera satu lagi beresolusi 13 MP dengan fitur ultra-wide untuk foto panorama yang bisa mengambil obyek gambar lebih luas.
Tampil dengan layar full yang mengesankan, di mana lokasi kamera depan Zenfone 6? Rupanya, Asus menawarkan konsep yang unik dari kebanyakan ponsel pintar lain.
Kamera Zenfone 6 didesain bisa berpindah atau lebih tepatnya bergeser ke depan dengan teknologi stepper motor. Bahkan, kamera ini dapat memotret dengan posisi 90 derajat untuk memberikan kemudahan ketika obyek berada di tingkat yang rendah.
Pengguna juga bisa mendapatkan aneka angle yang diinginkan dengan menekan Smart Key yang terletak di sisi kanan body Zenfone 6.
Diklaim Asus, flip kamera sudah melewati proses testing buka tutupi hingga 100 ribu kali tanpa kendala. Untuk proteksi keamanan, ponsel Zenfone 6 dilengkapi sensor khusus ketika kamera terjatuh, kamera akan langsung menutup. Sensor ini dikenal dengan istilah sensor gravitasi.

Dapur pacu


Di bagian dapur pacu, Zenfone 6 didukung Prosesor Snapdragon 855. Selain itu, kecepatan RAM hingga 6 GB/ 8 GB serta GPU Adreno 640 yang membuat performa makin gesit. Ruang penyimpanan internal berkapasitas 64 GB/ 128 GB/ 256 GB.
Fitur lain yang tak kalah impresif, baterai berkapasitas 5.000 mAH untuk pemakaian berdaya tahan tinggi seharian.
Tersemat dua speaker yang menghasilkan suara berkualitas berkat fitur DTS Headphone X ketika dipasang jack audio.