Thursday, October 10, 2019

Review iPad Pro 2020




Kehadiran iPad Pro 2020 yang dirilis oleh perusahaan teknologi, Apple mendapatkan sambutan positif di pasaran.

Dikabarkan, Apple sengaja melakukan pembenahan di berbagai lini untuk memberikan fitur – fitur menarik yang bisa mengungguli para pesaing di industri tablet.

Desain rancangan iPad Pro 2020 mirip seperti iPhone 11 Pro dengan teknologi kamera terbaru. Akan tetapi, iPad Pro 2020 mengusung konsep pengaturan tiga atau empat kamera dengan fungsionalitas yang lebih mumpuni.

Tak cukup itu, iPad Pro 2020 juga lebih unggul dengan sensor Time of Flight yang mendapatkan dukungan dari LG.
Untuk mengetahui lebih lengkap tentang review iPad Pro 2020, berikut beberapa fitur menarik yang perlu pengguna ketahui.

Fitur 3D Sensing


Dikutip dari berbagai sumber, iPad Pro 2020 akan dibekali fitur – fitur canggih terutama di bagian kamera terbaru. Fitur yang santer disebut oleh sejumlah kalangan adalah fitur 3D Sensing.

Fitur penginderaan 3D untuk Apple ini komponennya khusus didatangkan dari Korea Selatan, atau lebih tepatnya, diproduksi oleh Derkwoo Electronics.

Teknologi 3D Sensing ini umumnya digunakan oleh teknologi standar penerbangan. Antara lain seperti pengukuran waktu yang dibutuhkan menggunakan laser dan LED untuk mendapatkan pantulan obyek ruangan. Sehingga teknik ini dapat lebih akurat memetakan ruang 3 dimensi.

Bila fitur seperti ini disematkan pada iPad Pro 2020, tentunya para pengguna akan semakin puas mendapatkan tablet kekinian yang semakin canggih.

Layar miniLED


Bila umumnya, tablet memakai layar OLED atau LCD, maka Apple sudah selangkah lebih maju dengan teknologi miniLED.

Teknologi miniLED, pertama kali diumumkan oleh analis Apple, Ming-Chi Kuo. Ia menyebutkan bahwa pada iPad terbaru yang dirilis pada 2020, Apple aka menerapkan layar miniLED.

Layar iPad yang memakai miniLED menggabungkan lebih LED, bila dibandingkan tablet yang memakai OLED.

Hanya saja, LED yang dipakai setiap satuannya lebih kecil. Efeknya, tentu saja layar iPad akan lebih tipis, lebih ringan, serta lebih irit konsumsi daya baterai. Yang terpenting, dari segi keamanan pengguna, layar miniLED diklaim jauh lebih aman karena bisa mencegah risiko layar terbakar.

Dengan penerapan miniLED tersebut, Apple mendapatkan banyak keuntungan. Di antaranya, Apple tidak akan lagi bergantung pada Samsung. Diketahui, Samsung saat ini masih menjadi supplier utama yang memasok layar OLED Apple.

Jika layar miniLED benar – benar diterapkan pada iPad 2020, LG Display akan segera menggeser kedudukan Samsung sebagai pemasok prioritas layar iPad.

Kapan iPad Pro 2020 Dirilis?


Meski belum ada berita pasti tanggal peluncuran iPad Pro 2020, akan tetapi beberapa kalangan memperkirakan iPad Pro 2020 akan diluncurkan pada awal musim panas tahun 2020.

Sejak beberapa tahun terakhir, Apple telah merilis setidaknya satu model iPad Pro setiap 12 bulan sampai 18 bulan sekali, sejak 2015. Daftar perilisan tersebut adalah sebagai berikut:

·         iPad Pro 12.9in (gen ke-1)   :     Nov 2015
·         iPad Pro 9.7in                        :     Mar 2016
·         iPad Pro 12.9in (gen ke-2)   :     Jun 2017
·         iPad Pro 10.5in                      :     Juni 2017
·         iPad Pro 12.9in (gen ke-3)   :     Nov 2018
·         iPad Pro 11in                         :     Nov 2018

Akan tetapi, pembaruan tahunan tidak selalu menjadi keharusan bagi iPad Pro. Para penggemar Apple cenderung tidak mengupdate iPad mereka sesering iPhone. Hal ini terutama terjadi karena harga iPad Pro yang cenderung mahal.

Oleh karena itu, menunggu selama 12 – 18 bulan masih sangat wajar. Kemungkinan besar model iPad Pro terbaru akan diluncurkan pada musim semi atau hingga Juni 2020.