Sunday, February 26, 2017

Inilah 10 Manfaat Buah Kersen Selain Mencegah Kanker


Photo copyright from fruitsvege.com

Buah kersen atau yang biasa dikenal dengan buah ceri ini mungkin merupakan salah satu buah-buahan kaya manfaat yang sulit Anda temui di pasar maupun di supermarket.  Akan tetapi, kita bisa dengan mudah menjumpai pohon kersen di mana saja, hal ini disebabkan karena memang buah ini gampang sekali tumbuh, bahkan tidak membutuhkan bibit untuk bisa menemukannya tumbuh di suatu tempat.
Pohonnya yang tinggi serta berdaun banyak biasanya menjadikan pohon ini tempat yang cocok untuk berteduh karena sangat rindang. Walaupun buah kersen tak memiliki nilai jual, namun buah merah kecil manis ini memilki segudang manfaat bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

Menurut Dr. Paul Haider seorang ahli dalam bidang herbalist asal Amerika ini mengungkapkan bahwa buah kersen memiliki manfaat dalam mencegah kanker, menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung serta ampuh memblokir rasa sakit.
Selain itu, buah kersen mengandung air, serat, protein, karbohidrat untuk pembentukan otot, kalsium dan fosfor yang berperan dalam pembentukan tulang yang kuat, zat besi untuk mencegah anemia, serta vitamin B yang memiliki khasiat untuk vitalitas dan membentuk suasana hati yang baik.

Berikut ini 10 manfaat buah kersen selain mencegah kanker.

Antibakteri Alami
Kandungan antibakteri alami dalam buah kersen berfungsi melawan bakteri jahat yang terdapat di usus, staph sepsis dan difteri.

Meredakan Asam Urat dan Encok
Tingginya asam urat dapat menyebabkan rasa nyeri di sendi dan tulang. Hal ini bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi 9-12 buah kersen 3 kali dalam sehari. Lebih banyak buah yang anda konsumsi, maka akan lebih baik juga untuk meredakan rasa nyeri.

Baik Untuk Penderita Diabetes
Manfaat buah kersen ketiga adalah baik untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena buah kersen yang manis justru membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Mencegah Kanker
Buah kersen bisa membantu Anda memnuhi kebutuhan antioksidan tiap harinya, sedangkan daunnya berperan memperkuat antioksidan sampai taraf mencegah kanker. Tentu saja masih perlu penelitian lebih lanjut untuk hal ini.

Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat
Buah kersen yang dibuat dalam bentuk teh kersen mengandung serat yang baik untuk mengurangi diare yang Anda alami. Tak hanya itu, buah kersen bisa memperbaiki masalah pencernaan sekaligus melancarkannya.
Kaya Akan Vitamin C

Manfaat buah kersen selanjutnya adalah kaya akan kandungan vitamin C, yaitu hingga 150 mg. Oleh karena itu, buah kersen menjadi salah satu makanan sumber antioksidan tinggi untuk melawan radikal bebas.

Meredakan Sakit Kepala
Sakit kepala bisa Anda redakan dengan mengkonsumsi buah kersen. Karena buah ini membantu melancarkan peredaran darah hingga membuat rileks pembuluh darah sehingga tidak akan membuat otot syaraf tegang.

Kaya Akan Kandungan Nutrisi Sehat
Buah kersen tidak hanya mengandung banyak vitamin C, namun juga protein, fosfor, kalsium, karbohidrat dan vitamin B kompleks. Selain buahnya, kulit kersen juga bisa langsung dimakan serta mengandung serat yang tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah
Buah kersen juga bisa menurunkan tekanan darah karena mengandung nitrat oksida sebagai senyawa alami yang membuat pembuluh darah rileks sehingga peredaran darah lancar.

Melancarkan Pencernaan
Manfaat buah kersen terakhir yaitu melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah kersen baik untuk Anda yang menderita diare karena kandungan seratnya baik untuk mengurangi diare. Buah kersen terbukti bisa melancarkan pencernaan makanan sekalgus memperbaiki masalah pencernaan.

Demikian informasi mengenai 10 manfaat buah kersen selain mencegah kanker, semoga bermanfaat.
Sumber: vemale.com, buahberkhasiat.com